Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan menuju Standar Nasional Perpustakaan (SNP) untuk Meningkatkan Kompetensi Pengelola Perpustakaan
16 September 2021
Kegiatan Bimbingan Teknis Penciptaan dan Penggunaan Arsip Dinamis (Coaching Clinic) Di Lingkungan Kota Administrasi Jakarta Pusat
21 September 2021

Patung Pemuda

Patung Pemuda Membangun dikenal dengan sebutan Patung Pizza Man adalah monumen yang terletak di bunderan air mancur Senayan. Monumen yang terletak tidak jauh dari pertokoan Ratu Plaza ini, dibuat oleh tim patung yang tergabung dalam Biro Insinyur Seniman Arsitektur (ISA) di bawah pimpinan Imam Supardi dan penanggung jawab pelaksanaan ialah Munir Pamuncak.  Didirikannya patung ini bertujuan untuk mendorong semangat membangun yang dilakukan oleh para pemuda atau orang-orang yang berjiwa muda. Oleh karena itu patung ini diberi nama “Patung Pemuda Membangun”.  Pengerjaan patung ini dimulai bulan Juli 1971 dan diresmikan bulan Maret 1972. Rencana sebelumnnya peresmian akan dilakukan pada acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1971, namun patung belum selesai dibangun sehingga peresmiannya pun tertunda beberapa bulan. Selain itu, untuk seluruh biaya pembangunan telah ditanggung oleh Pertamina selaku perusahaan minyak yang ada di Indonesia.

Patung ini diberi nama Patung Pemuda Membangun karena sedang mengambarkan seorang pemuda yang memiliki semangat tinggi sambil membawa obor. Jika dilihat dari penampilannya, memang patung ini terlihat tanpa busana yang tujuaannya adalah untuk memperlihatkan otot yang kekar dari para tokoh pemuda Indonesia.
 Sementara itu, makna dari obornya adalah sebagai alat untuk menerangi kegelapan hati dan jiwa. Dengan begitu, para pemuda diharapkan dapat berperan penting guna pembangunan bangsa Indonesia agar semakin maju. Harapan dari pembangunan patung pemuda ini adalah agar para pemuda Indonesia turut berperan aktif serta berpartisipasi dalam meraih cita-cita bangsa Indonesia.

Sumber : Patung Pemuda – Dinas Pariwisata #VisitJakarta (jakarta-tourism.go.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X